Tuesday, September 23, 2008

CPNS UNIVERSITAS TERBUKA

PENGUMUMAN
Nomor : 15617/H31.11.2/KP/2008
tentang
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS TERBUKA
TAHUN 2008

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 44085/A4/KP/2008 tanggal 3 September 2008 dan hasil Rapat Koordinasi Rencana Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Depdiknas tanggal 8-10 September 2008 di Hotel Bumi Karsa, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Universitas Terbuka akan menerima Calon Pegawai Negeri Sipil sejumlah 56 orang.

A. Persyaratan pengangkatan CPNS adalah:

1. Warga Negara Republik Indonesia.
2. Berusia serendah-rendahnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2008 yang ditentukan berdasarkan tanggal kelahiran yang tercantum pada ijazah yang digunakan sebagai dasar pengangkatan.
3. Foto copy ijazah yang dihasilkan lembaga pendidikan yang mempunyai ijin pendirian dan terakreditasi dari Departemen Pendidikan Nasional dan telah disahkan oleh pejabat yang berwenang;
* Tanggal penetapan ijazah harus sebelum tanggal pelamaran, tidak boleh surat keterangan atau pernyataan belum diwisuda;
* Bagi pelamar formasi Dosen, kualifikasi akademik ijazah harus linear antara S1 dan S2 (contoh: kualifikasi akademik S2 manajemen, maka kualifikasi akademik S1 harus manajemen), bagi pelamar yang memiliki ijazah S1 dan S2 tidak linear lamarannya tidak dapat diterima.;



* Bagi yang memiliki ijazah lulusan perguruan tinggi luar negeri harus melampirkan surat keputusan penetapan dan penyetaraan hasil penilaian ijazah lulusan perguruan tinggi luar negeri dari Ditjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
4. Daftar Riwayat Hidup sesuai Keputusan Kepala BKN Nomor 13A Tahun 2006 dengan ketentuan ditulis dengan tangan sendiri memakai huruf kapital/balok, tinta hitam, dan ditandatangani serta ditempel pas photo ukuran 3 x 4 cm di sudut kanan atas (disediakan Panitia). Pada kolom pendidikan, nomor ijazah dan tahun lulus setiap jenjang pendidikan mulai dari SD harus terisi secara lengkap.
5. Tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan sesuatu tindak pidana kejahatan.
6. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Calon Pegawai Negeri/Pegawai Negeri atau tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
7. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil.
8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Republik Indonesia.
9. Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik.
10. Foto copy bukti pengalaman kerja yang autentik dan dilegalisir bagi yang memiliki pengalaman
kerja.
11. Pas photo ukuran 3 x 4 cm sebanyak 8 (delapan) lembar.
12. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang dikeluarkan pihak yang berwajib/POLRI.
13. Surat Keterangan sehat jasmani dan rohani dari Dokter pemerintah.
14. Surat Keterangan tidak mengkonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor, dan zat adiktif lainnya dari unit pelayanan kesehatan pemerintah.
15. Surat Pernyataan tidak sedang terikat kontrak kerja pada instansi/perguruan tinggi lain.
16. khusus pelamar yang pada saat diangkat sebagai CPNS berusia 35 tahun lebih dan tidak lebih dari 40 tahun pada saat 1 Desember 2008, harus melampirkan surat keputusan pengangkatan pertama sampai terakhir minimal 11 tahun 8 bulan secara terus menerus dan tidak terputus sejak 1 April 1997 sampai dengan sekarang pada instansi pemerintah dan/atau lembaga swasta yang berbadan hukum yang menunjang kepentingan nasional, dan surat keterangan yang menyatakan bahwa yang bersangkutan masih melaksanakan tugasnya pada instansi tersebut (sesuai PP No. 98/2000).
17. Lulus seleksi.

B. Pendaftaran:
1) Waktu
Penerimaan pendaftaran, seleksi administrasi, pengisian Daftar Riwayat Hidup dan biodata, serta pengambilan Nomor Tanda Peserta Ujian oleh yang bersangkutan mulai tanggal 13 s.d 27 September 2008 jam Kantor di UPBJJ-UT sesuai formasi yang tersedia.
2) Tempat Ujian dan Pendaftaran di UPBJJ masing-masing propinsi yang dibutuhkan

3) Kelengkapan berkas lamaran

1. Surat lamaran ditulis tangan sendiri dengan tinta hitam dan ditandatangani oleh pelamar dengan menyebutkan jabatan yang akan dilamar, ditujukan kepada Menteri Pendidikan Nasional melalui Rektor Universitas Terbuka, Jl. Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang - 15418, tanpa materai. (contoh blanko lamaran kerja dapat dilihat pada Web Site Universitas Terbuka http://www.ut.ac.id/lowongan/)
2. Daftar Riwayat Hidup (disediakan Panitia).
3. 1 (satu) lembar foto copy ijazah S1 dan S2, serta transkrip nilai sesuai dengan kualifikasi akademik yang dibutuhkan, dan telah disahkan oleh Pejabat yang berwenang (tanggal penetapan ijazah harus sebelum tanggal pelamaran, tidak boleh surat keterangan atau pernyataan yang menyatakan bahwa belum diwisuda), dan menunjukkan aslinya kepada Panitia. Bagi yang memiliki ijazah lulusan perguruan tinggi luar negeri harus melampirkan surat keputusan penetapan dan penyetaraan hasil penilaian ijazah lulusan perguruan tinggi luar negeri dari Ditjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
4. 2 (dua) lembar pas foto ukuran 3 x 4 cm (mohon ditulis nama peserta pada bagian belakang).
5. Bagi pelamar dosen harus melampirkan Surat Pernyataan tidak sedang terikat kontrak dengan instansi/perguruan tinggi lain.
6. Surat lamaran berserta lampiran disusun rapih berdasarkan urutan persyaratan dalam map warna merah.

C. Pelaksanaan Seleksi Tes Pengetahuan Umum (TPU) dan Tes Bakat Skolastik (TBS)

1. Hari/tanggal : Kamis, 16 Oktober 2008
2. Waktu : Pukul 08.00 s.d. 11.15 WIB
Pukul 09.00 s.d. 12.15 WITA
Pukul 10.00 s.d. 13.10 WIT
3. Tempat : UPBJJ-UT tempat ujian (lihat halaman 7 dan 8 ) pelamar yang datang terlambat tidak diperbolehkan memasuki ruang ujian, dan/atau mengikuti ujian.
4. Jenis Materi Seleksi :
a. Tes Pengetahuan Umum (TPU)
1) Bahasa Indonesia
2) Pancasila
3) Kebijakan Pemerintah
4) Tata Negara
5) Sejarah
6) Bahasa Inggris
b. Tes Bakat Skolastik (TBS)
1) Kemampuan penalaran verbal
2) Kemampuan penalaran kuantitatif
3) Kemampuan penalaran analisis

D. Pelaksanaan Tes Substansi (Tes akademik dan wawasan ke-UTan) dan Wawancara
1. Hari,tgl. : Kamis s.d. Sabtu, 6 s.d. 8 November 2008
2. Waktu : Pukul 08.00 s.d. selesai WIB
Pukul 09.00 s.d. selesai WITA
Pukul 10.00 s.d selesai WIT
3. Tempat : UPBJJ-UT tempat ujian (lihat halaman 7 dan 8 )
Kelengkapan yang dibawa pada saat tes: kartu tanda peserta seleksi, ballpoint, pensil 2B, karet penghapus, rautan pensil, papan alas untuk menulis, dan membawa hasil Tugas Akhir serta hasil Praktek Kerja Lapangan (PKL).

E. Pengumuman Hasil Ujian
Pengumuman kelulusan akan ditetapkan kemudian (direncanakan tanggal 14 November 2008 ).

F. Lain-lain
1. Hal-hal berkenaan dengan penyelenggaraan penerimaan CPNS-UT, meliputi biaya transportasi, akomodasi/konsumsi, ditanggung oleh pelamar.
2. Pelamar tidak dipungut biaya apapun.
Demikian untuk menjadi maklum.

Jakarta, 11 September 2008
Ketua CPNS UT

Ir. Nadia Sri Damajanti, M.Ed., M.Si.
NIP 131 569 972

0 comments:

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP